Sabtu, 06 April 2013

Proses, Faktor dan Bagian Tumbuhan dalam Fotosintesis

Proses ini terjadi di dalam Kloroplas (tempat diubahnya karbon dioksida dari udara dan air dari dalam tanah diubah menjadi glukosa dan oksigen.
Dan memerlukan Klorofil sebagai zat hijau daun dalam mengelola cahaya dan karbondioksida yang diterima.


Sebenarnya, proses fotosintesis dibagi menjadi 2 reaksi yaitu :
- Reaksi terang: 
Tempat terjadinya penguraian air dan penyerapan energi cahaya oleh klorofil. jadi air diuraikan menjadi ion hidrogen (H+) dan ion hidroksida (OH-). Karena terjadi penguraian antara molekul air, maka reaksi terang disebut sebagai Fotolisis.
- Reaksi gelap: 
Rereaksi ini tidak memerlukan cahaya, namun pada reaksi gelap ini terjadi proses Fiksasi(pengikatan) karbon dioksida kedalam daun. Dalam tahap ini, dibutuhkan enzim-enzim tertentu untuk membantu proses reaksi kimia. jadi, kira kira rumus sederhana fotosintesis adalah:
6H2O + 6CO2 + cahaya → C6H12O6 (glukosa) + 6O2
Bagian Tumbuhan yang Berperan dalam Fotosintesis 
Pada permukaan atas dan bawah daun terdapat epidermis, biasanya terdapat lapisan lilin yang berfungsi untuk mencegah penguapan air yang berlebihan. di antara sel sel epidermis terdapat stomata (mulut daun) yang berfungsi untuk pertukaran gas karbon dioksida dan oksigen pada proses fotosintesis dan respirasi. 
 
Diantara permukaan atas dan bawah epidermis, terdapat jaringan mesofil di dalam jaringan ini, terdapat jaringan palisade dan juga jaringan spons, tapi jaringan ini hanya terdapat pada tumbuhan dikotil. 
Jaringan palisade ini terdapat banyak sekali kloroplas yang berfungsi untuk menyerap cahaya matahari secara maksimal pada proses fotosintesis. sedangkan jaringan spons berfungsi untuk menampung karbon dioksida untuk proses fotosintesis. sedangkan pada tumbuhan monokotil, semua jaringan mesofil berbentuk bulat. 
Di dalam kloroplas itu sendiri terdapat stroma dan grana. stroma adalah ruangan yang berisi cairan atau enzim-enzim untuk fotosintesis dan juga merupakan tempat penyimpanan sementara hasil fotosintesis. Sedamgkan grana adalah tumpukan membran tilakoid yang mengandung pigmen klorofil untuk menangkap cahaya.  

Faktor-faktor yang mempengaruhi laju Fotosintesis
1.Kadar Karbondioksida
-Semakin banyak karbon dioksida di udara, makin banyak jumlah bahan yang dapt digunakan tumbuhan untuk melangsungkan fotosintesis, tetapi jika terlalu banyak, fotosintesis akan terganggu.
2. Intensitas cahaya
-pada batas batas tertentu, semakin tinggi intensitas cahaya, maka akan makin banyak terjadi fotosintesis, namun pada batas batas tertentu juga, apabila intensitas cahaya terlalu banyak, maka akan menghambat laju fotosintesis karena, secara otomatis tumbuhan akan menutup stomatanya untuk mengurangi transpirasi yang berlebihan.
3. Suhu
- pada reaksi gelap, tumbuhan menggunakan enzim enzimnya untuk melakukan fotosintesis, enzim enzim ini dipengaruhi oleh suhu untuk bekerja, apabila suhu terlalu tinggi, maka enzim enzim tersebut akan mati.

2 komentar: