Minggu, 21 Februari 2016

Fenomena Alam Terunik di Dunia

Saat melihatnya, mungkin Anda akan berpikir bahwa tempat ini tidak berada bumi seperti yang kita tempati saat ini. Dilansir dari Emlii, berikut adalah beberapa Fenomena alam yang Indah Menakjubkan paling aneh dan unik di dunia, yang mungkin belum anda lihat sebelumnya.

1. Bioluminescence
Foto Gambar Bioluminescence Fenomena Alam Paling Aneh Unik di Dunia
Apa yang Anda lihat adalah pantai dengan air yang menyala berwarna biru. Bukan dalam film fantasi, sebab ini benar-benar terjadi. Fenomena alam ini disebut bioluminescence, yaitu emisi cahaya yang dihasilkan oleh makhluk hidup karena adanya reaksi kimia tertentu. Bioluminescence telah ditemukan secara alami pada banyak makhluk hidup seperti bakteri dan organisme lain di perairan. 



2. Awan Lenticular Clouds
Foto Gambar awan Lenticular Clouds Fenomena Alam Paling Aneh di Dunia
Gambar di atas bukanlah penampakkan kedatangan UFO. Itu adalah awan yang bernama Lenticular Clouds. Awan ini berlapis-lapis dan terbentuk karena adanya udara lembab yang dipaksa mengalir ke atas di sekitar puncak gunung. Para pilot pesawat akan sebisa mungkin menghindari terbang di dekat awan ini karena akan memicu turbulensi yang kuat.

Awan ini terlihat cukup berbeda, seperti sebuah piring terbang raksasa atau sesuatu yang seperti tumpukan mirip pancake. Banyak gunung terkenal di seluruh dunia sering kali difotokan dengan keindahan awan lenticular di langitnya, termasuk Gunung Shasta dan Gunung Fuji.

Satu perkara yang menarik tentang awan lenticular ini adalah bahwa ia kelihatan seperti tidak berpecah dan kelihatan seperti membeku. Namun hakikatnya adalah tidak sedemikian. Awan ini kelihatan statik kerana aliran udara lembap terus menerus memberikan wap udara yang termeluap dari sisi atas angin bahkan sebagai air yang mengeluap dan akan lenyap dari sisi bawah angin. Awan Lenticular dapat dilihat seperti sedang melayang-layang selama berjam-jam atau hari, sehingga perubahan angin atau cuaca dan awan menyebar lalu berpecah.

3. Finnish Lapland
Foto Gambar Finnish Lapland Fenomena Alam Paling Aneh di Dunia
Foto di atas diambil di Lapand, salah satu daerah terluas di Finlandia. Pada musim dingin, patung-patung aneh seperti gambar di atas akan terbentuk. Penjelasannya, patung-patung tersebut sebenarnya adalah benda-benda biasa seperti pohon. Tetapi, karena tebalnya salju, benda-benda tersebut terselimuti dan membentuk objek-objek yang aneh.

4. Morning Glory Clouds
Foto Gambar Awan Morning Glory Clouds Fenomena Alam Paling Aneh di Dunia
Morning Glory Clouds adalah jenis awan yang sangat langka. Awan yang memanjang ini bahkan dapat meregang sepanjang 1000 km dan berada pada ketinggian hingga 2 km.
Salah satu tempat yang cukup sering mengalami fenomena ini adalah Burketown, Queensland, Australia. Di sana, awan ini terjadi tiap musim semi. Awan ini dapat menyebabkan turbulensi yang hebat pada pesawat terbang.

5. Waterspouts (Tornado di atas air)
Foto Gambar Tornado Waterspouts Fenomena Alam Paling Aneh di Dunia
Waterspouts adalah sebuah fenomena alam yang bisa disebut tornado atau pusaran air yang membumbung tinggi sampai ke langit. Badai ini terbentuk di atas air dan sangat berbahaya karena bisa mencapai kecepatan 305 km/jam.

6. The Everlasting Storm
Foto Gambar The Everlasting Storm Fenomena Alam Paling Aneh di Dunia
Foto di atas memang cukup menyeramkan dan benar-benar terjadi. Dinamakan The Everlasting Storm, peristiwa alam ini terjadi di Venezuela. Di sungai Catatumbo, awan yang sangat unik berputar dan menciptakan petir seperti gambar di atas.
Bukan tanpa alasan petir ini disebut dengan The Everlasting Storm. Pasalnya, petir ini terus keluar hingga 160 hari dalam setahun, 10 jam per hari dan 280 kali per jam.

7. The Gateway to Hell Turkmenistan
Foto Gambar The Gateway to hell Fenomena Alam Paling Aneh di Dunia
Namanya memang menyeramkan, tetapi sebenarnya fenomena ini dapat dijelaskan secara ilmiah. The Gateway to Hell yang berada di Turkmenistan ini merupakan tempat dimana gas alam keluar melalui celah-celah bebatuan. Saat ada pemicu, maka tempat yang penuh dengan gas tersebut pun terbakar. Fenomena ini bukanlah satu-satunya, salah satu tempat yang mirip adalah gunung Yanar Dag di Azerbaijan.

8. Spherical Boulders
Foto Gambar Spherical Boulders Fenomena Alam Paling Aneh di Dunia
Apa yang Anda lihat bukanlah bola atau benda lainnya yang dibuat manusia. Benda berbentuk bulat sempurna ini adalah murni bentukan alam selama 60 juta tahun. Bola ini awalnya dibentuk di dasar laut. Tetapi, karena erosi pantai, bola ini pun dapat dilihat orang lain.

9. Crop Circles di dasar laut
Foto Gambar Crop Circles di dasar laut Fenomena Alam Paling Aneh di Dunia
Pola-pola seperti pada gambar di atas tidaklah berada di ladang jagung seperti crop circles pada umunya, melainkan berada di salah satu dasar laut perairan Jepang. Ditemukan beberapa crop circles yang memiliki pola berbeda-beda.
Temuan yang mengejutkan adalah, pola-pola ini ternyata diproduksi oleh ikan kecil yang memiliki panjang tidak lebih dari 5 inci. Pola-pola ini dibuat oleh mereka dengan tujuan menarik pasangan.

10. Underwater Rivers  (Sungai di bawah Laut)
Foto Gambar Sungai di bawah laut Fenomena Alam Paling Aneh di Dunia
Sungai bawah laut ini tidak terjadi karena faktor supranatural. Fenomena ini sepenuhnya ilmiah. Terletak di Cenote Angelita, Mexico, sungai bawah laut ini terjadi karena beberapa zat seperti hidrogen sulfur menyatu dengan sebagian air. Air yang tercampur tersebut akhirnya jatuh dan membentuk aliran yang terpisah.

Sumber : wartainfo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar